Tugas Kelas Rangkap
Nama : Sri Wildaningsih
NIM : 15844006
Kelas : 5D-PGSD
JAWABAN
1
Katz (1992), mengemukakan ada tiga model
pembelajaran kelas rangkap. Antara lain :
a.
Model pertama Combine grades; atau juga dikatakan sebagai combined
classess, dimana dalam satu kelas terdapat lebih dari satu tingkatan kelas
anak. Membagi kelas menjadi beberapa bagian sesuai dengan tuntutan
kurikulum untuk beberapa tingkatan atau hanya dua tingkatan. Tujuan
utamanya adalah untuk memaksimalkan kemampuan siswa dan pemahaman lingkungan juga
meningkatkan sikap dan pengalaman dalam kelompok-kelompok umur yang berbeda.
b.
Model kedua Continuous progrees; model ini berupa kelompok anak dengan
pencapaian kurikulum yang tinggi dimana proses belajar mengajar melihat
keberlanjutan pengalaman dan tingkat perkembangan anak, dalam model ini setiap
anak berkesempatan untuk terus berkelanjutan dalam mengikuti setiap tingkatan
kelas sesuai dengan lama sekolah, tujuannya adalah setiap anak berkesempatan
untuk memperoleh keuntungan dari perbedaan umur dan perbedaan sikap dan
kemampuan ketika belajar bersama.
c.
Model ketiga mixed age/multiage grouping; dimana proses
pembelajaran dan praktek kurikulum memaksimalkan keuntungan dari berinteraksi
dan bekerjasama dari beragam umur. Dalam model ini grup dibuat secara
fleksibel atau proses re-gruping anak dibuat dalam kelompok umur, jenis
kelamin, kemampuan, mungkin terjadi satu guru mengajar untuk lebih dari satu
tahun.
Alasan dengan menggunakan model berbagai tingkatan umur
ini multiage grouping ini adalah;
1)
memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar tanpa rasa takut dan salah,
2)
siswa disediakan kegiatan dengan berbagai jenis,
3)
dengan model ini memungkinkan anak dapat belajar tentang aspek sosial, pemahaman tentang
diri dan orang lain, kepercayaan diri dan konsep diri, partisipasi anak dalam
kelompok, pada akhirnya dapat meningkatkan hubungan sosial dan pertemanan,
4)
tidak ada titik signifikansi antara kelompok umur tertentu dengan beragam
umur dalam pencapaian prestasi di kelas
2
Persamaan dari ketiga model : sama-sama
memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalaui
fasilitasi yang tinggi bagi perkembangan dan potensi siswa.
Perbedaan
:
a.
Model pertama Combine grades
Tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan kemampuan
siswa dan pemahaman lingkungan juga meningkatkan sikap dan pengalaman dalam
kelompok-kelompok umur yang berbeda.
b.
Model kedua Continuous progrees
tujuannya adalah setiap anak berkesempatan untuk
memperoleh keuntungan dari perbedaan umur dan perbedaan sikap dan kemampuan
ketika belajar bersama.
c.
Model ketiga mixed age/multiage grouping
tidak ada titik signifikansi antara kelompok umur
tertentu dengan beragam umur dalam pencapaian prestasi di kelas
3
Menurut Pendapat saya , model kelas
rangkap yang tepat digunakan di Indonesia adalah model kelas rangkap Combine grades. karena di Indonesia
kebanyakan menggunakan kelas rangkap ini dikarenakan kekurangan ruangan dan
kekurangan tenaga pendidik, jadi model ini digunakan untuk meminimalisir
kekurangan tersebut dengan mempertimbangkan dampak positif lain yaitu
meningkatkan kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi anak dengan kelompok
atau orang-orang yang berbeda umur. Serta mampu belajar melalui situasi kelas.
Komentar
Posting Komentar