Di televisi
pendidikan disebutkan pada jam19.30 akan ada siaran tentang metode baru cara mengajar berhitung di Sekolah Dasar.
Guru A yang mendengar dan melihat acara tersebut kemudian sadar bahwa ada
metode baru tersebut, maka pada diri Guru A tersebut sudah mulai proses
keputusan inovasi pada tahap pengetahuan. Sedangkan Guru B walaupun mendengar
dan melihat acara TV, tidak ada ketertarikan untuk menonton dan keinginan untuk
tahu metoda baru tersebut
- Cerita di atas termasuk ke dalam tahap apa dari model proses keputusan inovasi?
- Menurut anda mengapa guru B sama sekali tidak tertarik dengan jenis model inovasi tersebut?
- Tahapan apa yang relevan untuk membuat guru B menyadari dan menerima inovasi tersebut?
Jawaban :
1.
Cerita diatas menunjukan :
1) Tahap desain dimana telah terciptanya
metode baru cara mengajar berhitung di sekolah dasar. Dimana keadaan itu
memberikan inovasi terhadap suatu metode yang sudah ada sebelumnya.
2) Kesadaran dan perhatian : Adanya
kesadaran kepada Guru A bahwa ada metode baru yang bisa digunakannya ketika
mengajar di sekolah dasar dan adanya ketertarikan untuk mencoba inovasi metode
tersebut.
2.
– Guru B merasa tidak cocok jika inovasi
tersebut diterapkan dikelasnya
-
Guru B tidak bisa mengaplikasikan metode
tersebut karena beberapa hal: Misalnya tidak ada media atau guru B tidak mampu
menglakukannya
-
Metode B tidak menarik
3.
Tahapan yang relevan agar guru B menyadari dan
menerima inovassi tersebut yaitu dengan Tahap percobaan. Dengan guru B
melakukan percobaan terhadap inovasi metode tersebut maka guru B akan bisa
menyimpulkan serta menyadari metode tersebut dan menerimanya jika sudah
dibuktikan oleh Guru B itu sendiri dengan keberhasilan terhadap metode
tersebut.
Komentar
Posting Komentar