Di televisi pendidikan disebutkan pada jam19.30 akan ada siaran tentang metode baru  cara mengajar berhitung di Sekolah Dasar. Guru A yang mendengar dan melihat acara tersebut kemudian sadar bahwa ada metode baru tersebut, maka pada diri Guru A tersebut sudah mulai proses keputusan inovasi pada tahap pengetahuan. Sedangkan Guru B walaupun mendengar dan melihat acara TV, tidak ada ketertarikan untuk menonton dan keinginan untuk tahu metoda baru tersebut
  1. Cerita di atas termasuk ke dalam tahap apa dari model proses keputusan inovasi?
  2. Menurut anda mengapa guru B sama sekali tidak tertarik dengan jenis model  inovasi tersebut?
  3. Tahapan apa yang relevan untuk membuat guru B menyadari dan menerima inovasi tersebut?
Jawaban :
1.       Cerita diatas menunjukan :
1) Tahap desain dimana telah terciptanya metode baru cara mengajar berhitung di sekolah dasar. Dimana keadaan itu memberikan inovasi terhadap suatu metode yang sudah ada sebelumnya.
2) Kesadaran dan perhatian : Adanya kesadaran kepada Guru A bahwa ada metode baru yang bisa digunakannya ketika mengajar di sekolah dasar dan adanya ketertarikan untuk mencoba inovasi metode tersebut.
2.       – Guru B merasa tidak cocok jika inovasi tersebut diterapkan dikelasnya
-          Guru B tidak bisa mengaplikasikan metode tersebut karena beberapa hal: Misalnya tidak ada media atau guru B tidak mampu menglakukannya
-          Metode B tidak menarik
3.       Tahapan yang relevan agar guru B menyadari dan menerima inovassi tersebut yaitu dengan Tahap percobaan. Dengan guru B melakukan percobaan terhadap inovasi metode tersebut maka guru B akan bisa menyimpulkan serta menyadari metode tersebut dan menerimanya jika sudah dibuktikan oleh Guru B itu sendiri dengan keberhasilan terhadap metode tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KEMAJEMUKAN AGAMA, RAS, DAN ETNIK, PEMBANGUNAN DI INDONESIA

Kriteria Instumen Evaluasi