BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam proses evaluasi pembelajaran atau penilaian proses dan hasil belajar, Anda tentu sering menggunakan alat ukur tertentu, baik tes maupun nontes. Alat ukur ini mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting dalam rangka mengetahui keefektifan proses pembelajaran di sekolah. Mengingat begitu pentingnya suatu alat ukur dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, maka suatu alat ukur harus memiliki syarat-syarat tertentu sekaligus merupakan karakteristik alat ukur yang baik. Dalam praktik di madrasah, seringkali guru membuat alat ukur tanpa mengikuti aturan-aturan tertentu. Ada guru yang membuat alat ukur (seperti soal-soal ulangan atau ujian akhir semester) yang langsung mengambil dari buku sumber. Padahal kita tahu banyak buku sumber yang tidak sesuai dengan silabus yang telah ditetapkan. Apa jadinya bila soal yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang disampaikan. Ada juga guru yang menggunakan soal-soal lama yang b...
Komentar
Posting Komentar